Kyai Said Meresmikan Minimarket Al-Tsaqafah

Jakarta – Pondok Pesantren Luhur Al-Tsaqafah pada hari Jumat (4/10) pukul 10.00 WIB telah resmi memiliki dua minimarket yang terletak di dalam Pesantren. Dua mini market hasil kerjasama Al-Tsaqafah, Omnus, dan Alfamart tersebut dinamai Kantin Putra dan Kantin putri. Kedua kantin ini disediakan untuk memenuhi kebutuhan para santri, guru, dan wali santri saat kunjungan.

Peresmian Kantin Al-Tsaqafah ini dihadiri langsung oleh Abuya Prof. Dr. KH Said Aqil Siroj selaku Pengasuh Pondok Pesantren Luhur Al-Tsaqafah, Gus Ahmad Rifqi perwakilan dari Omnus (Outlet Mitra Nusantara), dan Bapak Dwi Aryo selaku general Manajer Alfamart.

Pembukaan Kantin Al-Tsaqafah juga dihadiri oleh Bapak Sofwan Yahya M. Hum selaku kepala Pondok, Bapak Idris Soleh selaku Kepala Madrasah Aliyah, Bapak Fawzul Arifin selaku Kepala Madrasah Tsanawiyah, dan selurh civitas Al-Tsaqafah.

Dalam sambutannya, Abuya Said berharap kantin Al-Tsaqafah dapat memenhi kebutuhan para santri. “Semoga dengan adanya kantin ini, santri tidak repot-repot untuk keluar pondok karena kebutuhannya sudah tersedia semua di sini,” ujar Abuya Said, yang disambut riuh para santri.

Abuya Said juga mengharapkan adanya sistem digitalisasi transaksi demi efisiensi dan efektivitas manajemen kantin. “Ke depannya, kita akan coba membuat KTS yang bisa langsung buat beli makanan di sini, seperti ATM,” tambah Abuya Said.

Sementara itu, Gus Rifqi menerangkan bahwa Omnus merupakan lembaga di bawah naungan LPNU (Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama) yang berkecimpung di dunia ritel minimarket. “Omnus bersama Alfamart terus berusaha untuk menumbunhkembangkan mitra-mitra, khususnya di pesantren, demi terciptanya kemandirian ekonomi pesantren,” Ucapnya.

Bapak Dwi Aryo dari Alfamart menambahkan bahwa kantin Al-Tsaqafah merupakan sarana pembelajaran para santri dalam pengelolaan dan manejemen bisnis ritel. Kerjasama ini juga dimaksudkan agar Alfamart mendapatkan keberkahan dalam pengembangan bisnisnya. “Selain itu, kantin Al-Tsaqafah juga dapat memberdayakan masyarakat sekitar dengan menerima produk-produknya di sini,” tambahnya.

Acara peresmian ini dikahiri dengan pemotongan pita sebagai simbol peresmian Kantin Al-Tsaqafah. Panitia juga membagikan voucher belanja sebanyak 50 vocher senilai 25.000 untuk tamu undangan, guru, dan santri yang dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan panitia.