PSB 2020 PP Luhur Al-Tsaqafah

Pada Minggu, 16 Februari 2020, Pondok Pesantren Luhur Al Tsaqafah menggelar tes masuk gelombang pertama dalam rangka Penerimaan Santri Baru atau PSB untuk tahun ajaran 2020/2021. Kegiatan ini merupakan tahapan seleksi bagi calon santri tingkat Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah.

Para calon santri dari luar kota mulai berdatangan sejak Sabtu malam. Mereka menginap di ruang tamu yang telah disiapkan oleh panitia. Adapun jadwal tes masuk dimulai pada pukul 08.00 pagi hingga 09.30 untuk tes tulis, dilanjutkan dengan tes lisan pada pukul 10.00 hingga 15.00.

“Saya tahu pesantren Al-Tsaqafah dari teman. Kemudian orang tua datang survei ke sini,” ujar Salwa Zahrati, salah satu peserta tes masuk. “Deg-degan juga ikut tes di sini,” tambahnya.

Materi yang diujikan pada PSB ini meliputi tes potensi akademik, tulis Latin dan Arab, sedangkan untuk tes lisan, peserta diuji membaca Alquran, hafalan Alquran juz 30 untuk tingkat MTs, dan ditambah bahasa Arab dan Inggris serta baca kitab Sullamut Taufiq untuk tingkat Madrasah Aliyah.

Mengusung motto Pesantren Islam Peradaban, pesantren yang berlokasi di Cipedak, Jagakarsa Jakarta Selatan ini menjadi pilihan banyak masyarakat untuk tempat belajar putra putrinya. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya peserta tes gelombang pertama yang hadir dari total 300-an pendaftar.

“Harapan saya semoga anak saya bisa diterima di sini, tapi melihat pendaftar yang banyak ini perasaannya campur aduk. Inginnya sih diterima saja,” harap M. Haris, salah satu wali santri yang mengikuti tes masuk PSB.

Penerimaan santri baru gelombang pertama ini sudah dibuka sejak 1 Desember 2019 hingga 10 Februari 2020. Terhitung sejak tahun ajaran 2019/2020, pendaftaran penerimaan santri baru PP Luhur Al Tsaqafah hanya bisa dilakukan secara online melalui laman www.altsaqafah.id/psb.

“Yang akan diterima sebagai santri di sini kurang lebih 70 santri putra dan 70 santri putri untuk tingkat Madrasah Tsanawiyah, begitu juga untuk jenjang Madrasah Aliyah,” jelas M. Irham Hanani, Ketua panitia PSB 2020.

Untuk pengumuman hasil tes masuk gelombang pertama ini akan diumumkan pada tanggal 26 februari 2020 di laman resmi altsaqafah. Pendaftaran gelombang kedua juga akan dibuka mulai tanggal 1 Maret hingga 2 Mei 2020.